Agus dan corima

Posted on
Agus dan corima

Ada yang perhatikan sepeda biru putih berlabel NuGens yang seringkali wara-wiri di velodrome?. Sepeda tersebut aslinya adalah Corima carbon warna hitam, kebanggaan salah satu atlit unggulan NuGens, Agus.

Dipakainya sejak tahun 2000 dan ternyata telah melanglang buana dengan segudang prestasi. Sayang, berbagai catatan sejarah penting dan membanggakan tersebut kurang begitu terdengar umum, bahkan peseda di Jakarta.

Di pendopo training center daerah Subang seusai latihan rutin, dengan semangat Agus ceritakan semuanya. Berikut detail pengalaman dia dan sepedanya yang masih diingat.

– Rekor nasional PON tahun  2000 pada nomor sprint 200m
– Medali perak pada  Keirins race tahun 2000 di Jawa Timur
– Perunggu nomor sprint 200m tahun 2000 masih di Jatim
– juga perunggu pada olympic spint th 2000 Jatim
– 2001 kejuaran asia, Keirin Race juara . Ke4
– Medali emas Sea games kuala lumpur tahun 2001
– Tahun 2002 Kejuaraan asia, Thailand. Nomor eliminasi. Dari 50 peserta, Agus berhasil meraih urutan ke 3
– Asian games korea 2002 peringkat ke-5 kelas Srint 200m
– Olympic sprint philipina tahun 2005 dan meraih perak
– Asian games Qatar 2006 …, yang ini gagal

Tahun 2011 ini, Agus akan kembali membela Indonesia pada Sea Games. Sejak Februari lalu, dia dan puluhan putra terbaik bangsa pada cabang balap sepeda sedang mengikuti latihan extra keras. Harapannya agar diperkenankan kembali mnggunakn sepeda yang telah berlabel NuGens saar lomba nanti.

Sayangnya obrolan sore ini berakhir cukup miris. Satu-satunya sepeda road race pinjamannya retak hingga sesi latihan dirasa kurang optimal.

Saat ditanyakan tentang euforia fixed gear, diplomatis dia jawab, “saya sambut baik, dengan begitu akan ada regenerasi. Sekaligus sedih, saya saja gak berani naek sepeda gak pake rem di jalanan. Selain itu, banyak anak baru yang dibilangin tapi merasa lebih tau. Kalau sudah begini, saya cuma bisa ngurut dada. Bukan itu saja, beberapa kali pedagang baru datang ke velodrome malah cari barang, ada yang maksa pula. Padahal jelas kita sendiri sangat perlu upgrade”.

About nugenerators

we are the new generation of ISSI, with this blog we're target the young generation to build a new generation from zero to superhero

Leave a comment